Tips Memulai Usaha Rumahan Katering

Usaha rumahan katering adalah salah satu peluang yang cukup populer di bidang makanan. Hampir disetiap kesempatan dalam hidup bermasyarakat kita akan menemui berbagai hidangan dan jamuan yang asalnya dari rumah katering. Industri makanan memang termasuk industri unik yang hampir tak pernah ada matinya di masyarakat. Resiko yang akan ditemui kadang tak terduga namun peluang untuk sukses juga sangat besar.

Berbagai usaha berbasis boga sejak lama ditekuni di masyarakat kita. Jangan pernah menganggap ide bisnis ini miskin pengembnagan dan hanya akan menjadi begitu-begitu saja, seperti hal nya pakaian, makanan pun memiliki trend tersendiri. Usaha rumahan katering inilah yang paling populer diantara beberapa usaha boga lainnya.

Untuk skala rumahan, maka layanan yang bisa diberikan akan mencakup 200-300 orang, akan meningkat pada tingkat lebih lanjut dengan pelayanan hingga ribuan orang. Sebagai pemula, sebaiknya anda memulainya dengan cara bertahap.

Tips menarik bagi Anda yang ingin mulai menekuninya adalah :

Untuk tahap awal, sebaiknya terima pesanan khusus makanan saja tidak termasuk pelayanan dan peralatan makan Kuasi resep pilihan dan jadikan andalan usaha katering Anda. Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dapur, peralatan masak dan peralatan makan yang Anda gunakan.

Mulailah menerapkan ilmu manajemen usaha dengan memisahkan uang usaha dan uang pribadi sehingga keuntungan segera terlihat. Pembukuan sederhana akan sangat diperlukan. Bisasakan untuk meminta kwitasni setiap pembelian, membuat tanda terima setiap penyerahan pesanan dan membuat invoice tercetak setiap kali penagihan dan pelunasan.

Setiap kali terdapat keuntungan lebih sebelum BEP. Simpan untuk perencanaan penambahan modal kerja selanjutnya. Tidak perlu menimbun stock bahan makanan, ada bahan makanan yang tidak tahan lama dan bisa dibeli sehari sebelum pengolahan. Jika harus mengantarkan ke tempat pemesan, perhitungkan jarak dan waktu yang dibutuhkan sehingga tidak terjadi keterlambatan, jangan lupa masukkan pengantaran dalam komponen harga.

Jika sudah berkembang dan memiliki langganan dnegan pesanan rutin, maka penambahan tenaga kerja harus dilakukan. Lakuan dengan baik, pilih tenaga kerja yang juga memahami tentang masakan. Jaga kualitas makanan termasuk ketepatan jumlah dan ketepatan waktu. Jika usaha mulai berjalan buat blog khusus untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan.

Promosi kecil-kecilan untuk usaha rumahan katering ini bisa dilakukan dengan menjalin silaturahmi baik denga para konsumen. Ketika mereka merasa puas dengan layanan Anda dan cocok dengan masakan Anda, maka mereka akan mempromosikan kepada kerabat dan teman-temannya.

Sumber : charis id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *