Mengenal Vps dan Perbedaan Dengan Layanan Server Lainnya

Apakah itu VPS?

VPS ( Virtual Privat Server ) ialah teknologi server side tentang sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kemampuan besar dibagi ke sejumlah virtual mesin. Setiap virtual mesin ini melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat. Secara global VPS kerap dipakai untuk Cloud Computing, Software Bot, Menjalankan Software robot forex (untuk trading), dll.

VPS dapat diartikan sebagai sebuah sistem untik mempartisi atau membagikan sumber daya atau resource sebuah server menjadi beberapa server virtual. Server virtual tersebut mempunyai kemampuan menjalankan operating sistem sendiri layaknya seperti sebuah server. Bahkan Anda bisa me-reboot sebuah server virtual secara terpisah (tidak harus mem-reboot server utama).

Kita dapat mengontrol VPS ( Virtual Privat Server ) dengan Remote Akses Dekstrop atau umum disebut pengendali jarak jauh, dengan memakai aplikasi seperti Putty yang memakai OS windows dan Terminal untuk Linux. Untuk menggunkan layanan Vps jangan lupa untuk mengunjungi beberapa promo vps untuk mendapatkan harga menarik sesuai kebutuhan anda

Dasar-Dasar VPS

Berikut informasi dasar yang dapat kamu ketahui lebih lanjut mengenai VPS :

  • VPS bekerja seperti sebuah server yang terpisah.
  • VPS mempunyai processes, users, files dan menyediakan full root akses.
  • Setiap VPS memiliki ip address, port number, tables, filtering dan routing rules sendiri.
  • VPS dapat melakukan komposisi file untuk sistem dan aplikasi software.
  • Setiap VPS dapat mempunyai sistem libraries atau mengganti menjadi satu diantara sistem libraries lainnya.
  • Setiap VPS dapat delete, add, modify file apa saja, termasuk file yang berada di dalam root, dan menginstall software aplikasi sendiri atau mengonfigurasikan root application software.
  • Dalam sebuah VPS, resource server yang distribusikan ialah meliputi CPU Core, CPU Usage, RAM, dan Penyimpanan atau ruang penyimpanan.
  • Detail sebuah VPS tersebut berbagai macam, baik dari segi Hard disk, memory nya, jenis processor nya, opsi operasi sistemnya (Windows/Linux/ dan lain-lain). VPS sudah tersambung dengan internet selama 24 jam dengan kecepatan tinggi agar setiap user dapat secara mudah mengaksesnya. VPS umumnya dijangkau melalui computer pribadi menggunakan software Remote Desktop Connection (RDC) yang umumnya telah ada dioperasi sistem WINDOWS.
  • VPS diperlengkapi dengan pengaturan sendiri untuk init script, users, pemrosesan, filesystem dan lain-lain. VPS bekerja seperti sebuah server yang terpisah memiliki processes, users, files dan menyediakan full root akses. Setiap VPS memiliki ip address, port number, tables, filtering dan routing rules sendiri. VPS dapat melakukan konfigurasi file untuk sistem dan aplikasi software.
  • Dengan Vps Anda sebagai pengguna tidak perlu menjaga Server Virtual ini, karena perusahaan penyuplai VPS akan menjaga secara berkala dan mengupgrade OS, RAM, dll.

Perbedaan Server VPS dengan Lainnya

  • Cloud Hosting

Server ini memungkinkan banyak pemakai ada pada satu server, sehingga akan ada di mana pengguna memakai resourse secara bergantian.

  • VPS Tradisional

Server VPS ini memungkinkan digunakan oleh satu pemakai saja, sehingga resourse dan kemampuan penggunaan sangat terbatas untuk memenuhi kebutuhan Anda.

  • Private Server

Layanan Private Server sebagai service VPS Hosting dengan sistem Manage yang tersedia versi SSD untuk keperluan Server VPS yang langsung dikontrol oleh team IDCloudHost.

  • Dedicated Server

Server ini digunakan oleh banyak sejumlah perusahaan besar dan startup untuk keperluan resource dan keamanan yang lebih besar untuk web dan aplikasi Tertentu dengan Data Center Indonesia.

  • VPS SAS

Server ini seperti teknologi Dedicated Server dengan perpaduan SSD dan HDD yang paling cocok untuk traffic tinggi pada harga yang dapat dijangkau.

  • VPS Pro

Server ini adalah infrastruktur terbaik sekarang ini, mengusung teknologi HPE Nimble Penyimpanan Adaptive Flash Arrays akan membuat layanan Anda 100x bisa lebih cepat dibanding vps yang lain.

Vps memang berbeda dengan layanan server lainnya seperti yang telah admin jelaskan diatas, untuk itu pilihlah layanan server sesuai dengan kebutuhan anda, guna meningkatkan penyimpanan data. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *