Mengenal Google Adsense untuk Usaha Sampingan

Google Adsense

Bagi para penggiat bisnis online, google adsense tentu bukan suatu hal yang asing lagi. Sudah sejak lama google adsense ini telah menjadi sumber pendapatan bagi banyak para penggiat bisnis online. Mulai dari yang baru berhasil memperoleh income ratusan dolar per bulan hingga mereka yang telah berhasil mendapatkan income hingga ribuan dolar perbulannya.

Maka tak heran banyak para penggiat bisnis online ini yang kemudian rela meninggalkan pekerjaan mereka demi menerjunkan diri sepenuhnya dalam bisnis online khususnya google adsense ini. Google adsense sendiri  sebenarnya adalah program yang diluncurkan oleh salah satu raksasa internet, Google Incorporation sekitar tahun 2003 (kalau saya tidak salah).

Konsepnya adalah memberi kesempatan kepada para pemilik dan pengelola website dan atau blog untuk memperoleh income tambahan dengan menayangkan iklan yang relevan dengan isi website dan atau blog mereka. Maka ketika pengunjung website atau blog tersebut meng”klik” iklan yang ditayangkan tersebut, pemilik blog akan mendapatkan sharing pendapatan dari pihak google.

Cara Kerja Google Adsense

Bagaimana google bisa membayar kita sebagai pemilik website atau blog ? Bagaimana cara pembayarannya ? Apakah ini benar dan bukan penipuan ?. Berbagai pertanyaan tersebut seringkali kita temukan dalam forum-forum dan diskusi terutama di dunia maya. Sebenarnya untuk bisa memahami mengapa google bersedia membayar kita adalah sangat mudah.

Sebagai raksasa penyedia informasi terbesar di internet, google memiliki banyak klien yang memasang iklan padanya. Lalu google mendistribusikan iklan-iklan perusahaan tersebut untuk ditayangkan di weblog (website dan blog) sesuai dengan isi weblog tersebut. Misalnya weblog tentang otomotif akan diberikan iklan dari perusahaan-perusahaan otomotif, weblog dengan tema kesehatan akan diberikan iklan yang bertema kesehatan, weblog dengan tema kewirausahaan (seperti blog ini) akan diberikan iklan-iklan yang berhubungan dengan kewirausahaan dan seterusnya.

Para pemasang iklan tersebut membayar kepada pihak google inc., dan lalu pihak google membagi pendapatannya tersebut dengan pemilik weblog yang menayangkan iklan tersebut. Masuk akal dan realistis bukan ?

Baca Juga: Penyedia Hosting Indonesia Terbaik

Sedangkan untuk cara pembayaran, pihak google inc., memberikan pilihan kepada kita sebagai pemilik weblog apakah ingin menerima pembayaran dalam bentuk wesel yang akan dikirimkan via pos atau memilih bentuk pembayaran dalam bentuk transfer melalui rekening western union. Saya sendiri dan banyak publisher (sebutan bagi para pemilik akun adsense) memilih pembayaran dalam bentuk transfer melalui rekening western union dikarenakan beberapa kelebihan, diantaranya ;

Bebas biaya pengiriman (jika kita memilih bentuk wesel akan dikenakan biaya pengiriman sekitar US $20) dan

Langsung bisa dicairkan hari itu juga (jika dalam bentuk wesel pos dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk wilayah Indonesia bagi sampainya surat wesel tersebut).

Lalu benarkah ini dan bukan penipuan ? Memang tidak mudah menjawab pertanyaan ini karena akhir-akhir ini begitu marak bermunculan tawaran bisnis online. Dan yang sangat disayangkan, sebagian besar tawaran bisnis online tersebut termasuk dalam kategori scam atau penipuan.

Sehingga sebagian besar masyarakat menganggap bahwa semua bisnis online itu adalah penipuan. Padahal ada beberapa yang memang murni merupakan bisnis yang bisa kita tekuni dan menjanjikan income yang cukup besar, seperti google adsense ini misalnya.

Sebenarnya kita bisa dengan mudah mengidentifikasi bentuk-bentuk penipuan tersebut. Caranya adalah dengan memahami cara kerja bisnis tersebut terutama bagaimana kita dibayar serta mendapatkan income. Biasanya dan selalu, bisnis-bisnis online scam semacam ini memberikan iming-iming penghasilan yang mudah dan besar hanya dalam waktu singkat. Padahal semua bisnis sama, membutuhkan kerja keras dan ketekunan, pun dengan google adsense.

Meski terdengar gampang dan simple, hanya membuat website atau blog lalu mendaftar ke google kemudian memasang iklan dan akhirnya mendapatkan income, kita sebagai publisher harus mentaati peraturan atau TOS yang telah ditetapkan. Kita pun juga harus bekerja mendatangkan traffic atau pengunjung ke weblog kita serta masih banyak hal yang harus kita kerjakan.

Baca Juga: Rekomendasi aplikasi edit video di HP

Dan bahkan perlu diingat bahwa tidak semua website atau blog yang didaftarkan akan disetujui oleh pihak google. Tentang bagaimana menjalankan bisnis google adsense ini insyaalloh akan saya tulisa dalam artikel lain. Namun paling tidak sekarang kita mengerti bahwa sebenarnya kita bisa meraih penghasilan dari internet. Sehingga kegiatan berinternet tidak lagi menjadi kegiatan yang menghabiskan uang kita namun justru bisa menjadi sumber pendapatan lain bagi kita. Demikian, salam wirausaha dan selamat ber google adsense.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *