Apa Itu Hukum Bisnis dan Apa Saja Jenisnya?

hukum bisnis

Sederhananya hukum bisnis dapat diartikan sebagai hukum yang mengatur segala hal yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi. Ruang lingkup pengaturannya terbagi menjadi dua kategori, pertama aturan mengenai entitas bisnis/ekonomi dan pengaturan mengenai transaksi komersial.  Simak juga artikel hubungan hukum dan ekonomi

Selain itu, hukum bisnis juga memiliki sifat yang sangat mudah berkembang sejalan dengan perkembangan perilaku ekonomi masyarakat. Oleh karenanya, memahami ilmu ekonomi juga merupakan kompetensi yang sangat mendukung terhadap kedalaman pemahaman terhadap bidang hukum ini. Bila Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai sumber dari hukum ekonomi simak artikel pengertian hukum ekonomi dan sumbernya.

Beberapa Jenis Hukum Bisnis

Menyebutkan  jenis hukum bisnis sebenarnya memerlukan pembahasan yang cukup panjang, bila harus menjelaskan secara detail pengertian dan karakteristiknya tentu diperlukan-tidak hanya berlembar-lembar kertas-melainkan berjilid-jilid buku. Dalam pembahasan ini, sebagai pengantar memahami apa itu hukum bisnis, akan diuraikan jenis hukum bisnis secara singkat. Apa saja? Berikut penjelasannya:

Hukum Ketenagakerjaan

Aspek ketenagakerjaan merupakan salah satu pembahasan yang selalu menjadi isu penting dalam hukum bisnis. Perkembangan pola hubungan industrial antara majikan dan buruh dewasa ini semakin kompleks, jutaan entitas ekonomi kini memiliki lebih dari satu buruh yang dipekerjakan. Bahkan, kini hubungan buruh dan majikan, pekerja dan pemberi kerja tidak hanya dilakukan secara langsung (dalam lokasi perusahaan). 

Hubungan industrial kini dapat tercipta melalui perantara jaringan virtual, sebut saja pekerja freelance dengan sistem remote working. Perkembangan perilaku ekonomi tersebut, tentu kemudian membutuhkan payung hukum, gunanya agar di antara para pihak yang membentuk hubungan kerja masing-masing dapat terpenuhi haknya dan masing-masing dapat menjalani kewajibannya.

Beberapa aspek pengaturan yang biasanya menjadi isu pokok dalam hukum ketenagakerjaan antara lain adalah apakah pekerja harus mendapatkan asuransi? Apakah dalam hubungan industrial tersebut terdapat unsur diskriminasi, eksploitasi dan sejenisnya? dan masih banyak lagi. Dalam kaitan hubungan industrial ini, perusahaan harus memiliki aturan tersendiri. Apa saja, Anda bisa menyimak ulasan mengenai 5 jenis aturan perusahaan.

Keimigrasian

Globalisasi membawa dampak yang luar biasa bagi ekonomi suatu negara. Kini pekerja baik penuh waktu maupun paruh waktu tidak hanya mereka yang berasal dari negara dimana perusahaan berkedudukan. Pekerja asing dari berbagai negara dapat dan diizinkan untuk menjadi karyawan di perusahaan manapun. Dalam kaitan ini, memahami mengenai aspek hukum keimigrasian merupakan langkah penting untuk mengetahui bagaimana perbuatan hukum yang tepat harus dilakukan.

Transaksi Ekonomi

Di Indonesia aspek hukum dari transaksi ini masuk dalam salah satu ruang lingkup hukum perdata. Di dalamnya terdapat pengaturan mengenai tata cara jual beli tanah, sewa menyewa rumah, dan lainnya. Lebih detailnya Anda bisa menyimak mengenai Surat Perjanjian Jual Beli

Perancangan Kontrak

Baik dalam rangka sewa properti atau untuk penjualan produk tertentu, kontrak membantu memastikan bahwa pihak yang membuat kesepakatan berada di halaman yang sama. Perihal aspek hukum kontrak serta tata cara penyelesaian sengketa ini juga dipelajari dalam hukum bisnis. Untuk membantu mengantarkan pemahaman awal mengenai hukum perjanjian ini Anda bisa menyimak ulasan saya dalam beberapa artikel mengenai surat kontrak rumah.

Anti monopoli

Undang-undang anti monopoli membantu memastikan berbagai bisnis di pasar beroperasi di lapangan dengan persaingan yang setara. Beberapa perusahaan menggunakan praktik yang tidak adil atau menipu untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar, dan mungkin sulit untuk mengidentifikasi perilaku tidak adil di perusahaan. Pengaturan mengenai anti monopoli ini sangat penting terutama bagi bisnis kecil dan menengah yang faktanya hingga kini masih mendapatkan perlakuan tidak adil dari korporasi besar.

Kekayaan intelektual

Entitas bisnis perlu mematenkan produk unik untuk melindungi cipta dan karyanya. Jika tidak, siapapun dapat menjual produk yang dibuat oleh perusahaan atau ide unik yang telah dibuat dengan kerja keras oleh seseorang. Undang-undang hak cipta akan melindungi karya setiap orang. Jika Anda pemilik bisnis mendaftarkan sebagai hak cipta merupakan langkah yang wajib Anda tempuh.

Perpajakan

Dewasa ini, apapun bentuk hukum dari suatu bisnis diharuskan membayar dan / atau beberapa jenis pajak berikut ini:

  • Pajak penghasilan untuk keuntungan perusahaan, yang dapat dibayarkan sebagai pajak penghasilan pribadi untuk perorangan atau perseorangan LLC atau melalui pengembalian pajak bisnis kemitraan. Mitra yang mendapatkan keuntungan dari bisnis harus melaporkan pendapatan itu secara pribadi juga.
  • Pajak penjualan atas jasa dan / atau produk. Setiap negara bagian memiliki aturan yang berbeda dan mungkin ada kerumitan lebih lanjut saat penjualan melintasi batas negara bagian. Jika bisnis Anda memiliki pajak pendapatan negara bagian, Anda mungkin akan diminta untuk menyiapkan sistem untuk mengumpulkan, melaporkan, dan membayar pajak yang Anda kumpulkan secara teratur.
  • Pajak properti atas setiap real estat yang dimiliki bisnis Anda. Anda mungkin harus membayar pajak capital gain jika Anda menjual properti milik bisnis.
  • Pajak wirausaha, sehingga pemilik bisnis masih akan membayar ke Jaminan Sosial dan Medicare. Biasanya majikan mengambil pajak tersebut dari gaji karyawan mereka.
  • Pajak pekerjaan atau gaji, termasuk pajak FICA untuk Jaminan Sosial dan Medicare dan pajak kompensasi pekerja.
  • Pajak dividen pada pemegang saham perusahaan. Ini adalah jenis pajak pendapatan berdasarkan keuntungan yang diterima dari bisnis.
  • Pajak cukai untuk produk tertentu yang digunakan bisnis Anda, seperti bahan bakar.

Lalu bagaimana langkah awal yang harus ditempuh jika Anda adalah seorang pebisnis? Tentu harus mendaftarkan diri sebagai wajib pajak (memiliki NPWP). Bagaimana caranya? Simak ulasan mengenai cara dan syarat mendapatkan NPWP.

Kepailitan

Terkadang bisnis mengalami situasi yang buruk lantaran keadaan yang berada di luar kendali mereka. Ketika terjadi misalnya bencana yang kemudian merusak seluruh properti perusahaan atau terjadi krisis ekonomi tidak jarang perusahaan-perusahaan kehilangan seluruh aset dan keuntungannya. Hal demikian seringkali menimbulkan masalah yang cukup krusial yakni tidak mampunya perusahaan membayar kembali hutang-hutangnya. Dalam kondisi tersebut, hukum kepailitan lah yang akhirnya berperan. Hukum kepailitan pada dasarnya ditujukan untuk menjadi penengah antara kreditur (investor) dengan debitur (perusahaan). Lebih jelasnya pahami istilah bangkrut dan pailit dalam artikel perbedaan pailit dan bangkut.

Menjelaskan seluruh unsur dari hukum bisnis tentu tidak cukup dengan hanya menjelaskan pengertian dan beberapa jenisnya saja. Namun, setidaknya artikel ini mampu mengantarkan Anda untuk mengenal arah dari bidang hukum ini. 

Lebih lengkap, Anda bisa melihat ulasan berbagai masalah yang berkaitan dengan jurnal ilmiah, di klinik jurnal ascaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *