Agar Terjaga Keelokannya, Berikut 5 Langkah Pas Merawat Tanaman Bonsai

Budidaya tanaman bonsai bisa menganakemaskan pandangan untuk pecintanya. Tanaman hias yang ini berperan untuk mempercantik ruang atau taman di dalam rumah. Sekarang seni menanam yang dari Jepang memakai langkah membuat miniatur asal tanaman bonsai benar-benar sangat dikenali oleh masyarakat Indonesia.

Tetapi seperti tanaman lain, bonsai juga mempunyai persyaratan khusus dalam perawatannya.

Berikut ada 5 langkah merawat bonsai supaya tetap terjaga keindahannya yang telah diringkas oleh BonsaiKita.com:

  1. Penyiraman sore atau pagi hari

Sebagai langkah pertama pada proses perawatan pada tanaman bonsai, kamu perlu lakukan penyiraman di sore atau pagi hari. Di mana penyiraman akan membuat akar bonsai yang tertancap dalam tempat tanam pada pot selalu mendapat konsumsi air.

Lihat juga saat lakukan penyiraman, yakinkan supaya airnya akan tembus ke luar lewat lubang pada dasar pot. Hal itu jadi pertanda jika lubang tidak mampet oleh batu atau masalah yang lain. Sesudah membasahi semua sisi tanaman bonsai seharusnya jauhi terserang cahaya matahari langsung, sebab bisa membuat daunnya hangus. Khusus untuk tanaman bonsai, air yang dipakai juga harus bersih, jernih, tidak bau dan ber-pH netral.

  1. Penyiangan dan pemotongan 3 bulan sekali

Tidak ada yang dapat pastikan bonsai yang kamu punyai selalu kelihatan memanjakan mata. Ada saatnya disekitaran bonsai banyak rumput liar yang bersarang, hingga kehadirannya akan makan gizi dari elemen hara pada tanahnya.

Karena itu, perawatan tanaman bonsai yang cukup penting ialah lakukan penyiangan dan pemotongan 3 bulan sekali. Kamu dapat lakukan penyiangan saat ada gulma yang tidak bermanfaat sedini mungkin.

Tetapi kerjakan penjemuran secara berhati-hati, karena bila kebanyakan terkena cahaya matahari tanaman bonsai menjadi hancur. Penyiangan dapat dilaksanakan cukup dengan memotong tangkai, cabang, ranting dan daun bonsai. Ini dilaksanakan untuk jaga kualitas tanaman bonsai itu.

  1. Pemupukan supaya tanaman bonsai dapat hidup lama

Seterusnya yang penting dilaksanakan adalah pemupukan. Di mana pemupukan pada tanaman bonsai harus dilaksanakan dengan jumlah yang pas dan sebulan sekali. Dengan memberinya gizi yang ideal, tanaman bonsai dapat hidup lama.

Sementara untuk aktivitas pemupukan, pupuk yang diberi untuk bonsai dapat dibikin dari gabungan beberapa bahan organik seperti kotoran ayam atau kambing.

Bila tidak ada, kamu dapat memberikan pupuk NPK atau urea yang disamakan dengan keperluan pohon bonsainya. Selainnya pupuk untuk tanamannya, beri pupuk daun sekitar 3x dalam satu bulan.

  1. Pergantian pot tanaman

Pada umumnya bonsai ditanamkan dalam pot yang dangkal, hingga selalu harus dilaksanakan pergantian pot sama ukuran bagus sama sesuai besar pohonnya. Tentu saja ini mempunyai tujuan untuk menampung perkembangan bonsai. Karena bila tempat tanam didiamkan kelamaan, karena itu dapat datangkan banyak penyakit.

Oleh karenanya, tempat tanam bonsai perlu ditukar minimal beberapa waktu sekali. Sementara pot harus juga mempunyai lubang pada bagian bawahnya supaya memungkinkannya kelebihan air bisa mengucur keluar.

  1. Pengaturan hama dan penyakit

Keadaan kesehatan tanaman bonsai dapat dikuasai oleh faktor-faktor, terhitung hama dan penyakit. Sedang hama dan penyakit bisa menjadi pengganggu pada tanaman bonsai itu. Hewan pengganggu yang lain seperti kucing, ayam dan anjing bisa juga jadi hama untuk tanaman bonsai dengan mencakar atau mencapai pohonnya.

Tetapi ada pula hama yang serang daun seperti ulat, belalang, semut, tungau, kutu daun atau serangga yang lain. Oleh karenanya, hama dan penyakit pada tanaman bonsai harus selekasnya di hilangkan. Langkah yang termudah untuk hilangkan hama dengan menyemprot pestisida, bakterisida, atau fungisida bergantung tingkat keparahan dan tipe hama atau penyakit yang serang tanaman bonsai.

Ke-5 langkah menjaga tanaman bonsai di atas dapat kamu aplikasikan dan jangan diacuhkan. Tidak boleh malas menjaga tanaman bonsai, karenanya jaga keserasian dari alurnya akan membuat tanaman bonsai tumbuh optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *