4 Investasi untuk Pemula dengan Modal Hanya Rp 10 Ribu

Dunia investasi di era digital seperti sekarang ini sangat ramah dengan para anak muda. Tanpa modal yang besar, seseorang sudah bisa melakukan investasi untuk tujuan finansial tertentu. Instrumen investasi untuk pemula di era digital ini bahkan bisa dimulai dari nilai Rp 10 ribu.

Apalagi dengan adanya aplikasi digital yang banyak ditemukan dalam smartphone. Hampir setiap orang bisa memulai berinvestasi sekarang juga.

Nah, apa saja instrumen investasi online yang bisa dilakukan oleh para anak muda ini?

1. P2P Lending untuk UMKM

Bentuk investasi ini mulai banyak bermunculan di Indonesia dan menjadi kekuatan baru untuk modal para UMKM yang ingin merintis usaha. Cara kerja model investasi ini adalah dengan mempertemukan antara investor dengan peminjam secara langsung dalam sebuah aplikasi.

Jadi platform P2P akan memilih peminjam yang mengajukan pinjaman dengan menentukan berbagai kriteria. Mulai dari profil risiko, keuntungan return, dan lain sebagainya. Kemudian, dari hasil penilaian tersebut akan ditawarkan kepada para investor yang percaya dengan peminjam tersebut.

Para investor yang percaya dengan profil perusahaan peminjam tersebut akan memberikan dananya. Dalam P2P ini para investor akan patungan untuk memenuhi kebutuhan modal pinjaman sebuah perusahaan.

Karena model patungan ini, investor bisa memberikan dananya dengan hanya Rp 10 ribu. Tentunya besaran modal ini sangat cocok untuk para pemula. Khususnya anak muda yang ingin belajar memulai berinvestasi.

Tinggal bagaimana caranya menemukan platform P2P yang benar-benar aman dan juga bisa memilih peminjam yang terpercaya. Keuntungan return dari sistem ini bisa mencapai 12% hingga 16% per tahun.

2. Aplikasi Reksadana dengan Manajemen Investasi yang Mudah

Instrumen kedua ini sangat cocok dengan para anak muda yang ingin belajar investasi. Anda akan diajari untuk menentukan tujuan finansial dalam jangka waktu tertentu dengan melakukan penyisihan dana yang rutin setiap bulannya.

Tujuan finansial tersebut seperti untuk membeli barang-barang impian, liburan, atau tujuan lainnya yang ingin didapatkan dalam kurun waktu jangka menengah.

Aplikasi reksadana ini dikelola oleh manajer investasi dengan menyesuaikan tujuan investasi Anda. Biasanya reksadana terdiri dari gabungan antara saham, obligasi, dan pasar uang yang memiliki resiko kecil. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan uang mulai dari Rp 10 ribu saja.

3. Menabung Emas Online

Nilai emas yang sangat stabil menjadi salah satu instrumen investasi yang cocok bagi para pemula. Sistem digital yang sekarang ini semakin canggih menambah kemudahan bagi para anak muda untuk bisa ikut menabung emas dengan murah.

Menabung emas online ini menjawab masalah terkait sulitnya menyimpan emas secara fisik. Karena dengan sistem online, emas Anda akan disimpan oleh penjual emas, yaitu di Pegadaian atau juga di Antam.

Bahkan Anda tidak perlu ribet dengan berbagai dokumen fisik. Karena semuanya dicatat secara digital dan bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke perusahaan penjual emas. Ditambah lagi berapapun uang yang Anda miliki bisa melakukan pembelian emas online ini.

4. Deposito Online untuk Anak Muda

Hampir sama dengan sistem tabungan berjangka biasa, Anda bisa menempatkan uang dalam jangka waktu tertentu dan mendapatkan return hingga 4,25% hingga 5% dalam setahun. Namun dengan sistem online, semua bisa dilakukan tanpa harus datang ke cabang. Cukup melalui aplikasi smartphone Anda.

Hampir setiap bank yang memiliki aplikasi internet banking sudah menyediakan program ini. Jadi Anda bisa mulai menempatkan uang deposito sekarang juga.

Beberapa instrumen investasi untuk pemula ini bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Anda juga bisa belajar untuk menentukan tujuan finansial dengan lebih baik. Sehingga akan membantu keuangan Anda di masa yang akan datang.

Farhan (18 Januari 2021). “10+ Rekomendasi Investasi Untuk Pemula (Hidup Berkah, Harta Melimpah)“. Tugaskaryawan.com. Diakses tanggal 1 Februari 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *